Kamis, 08 Oktober 2015

Sistem Informasi Dan Komponen



 Sistem Informasi
      Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah system informasi yang sering di gunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data dan teknologi.
         Dalam pengertian ini, istilah ini di gunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.
       Ada yang membuat perbedaan sangat jelas antara system informasi dan computer system TIK, dan proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi dalam system informasi biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK Hal ini terutama berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informas. Sistem informasi juga berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis.
      Alter berpendapat untuk system informasi sebagai tipe dari system kerja. Sistem kerja adalah suatu system dimana manusia atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memprodukdi produk tertentu atau jasa pelanggan.  Sistem informasi adalah suatu system kerja yang kegiatannya  di tujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan0 informasi.
       Dengan demikian system informasi antar-hubungan dengan system data di satu sisi dan system aktivitas di sisi lain. Sistem informasi adalah suatu bentuk komunikasi system dimana data yang mewakili dan proses sebagai bentuk dari memori social. Sistem informasi juga dapat di anggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan.
      Sistem informasi meruapakan fokus utama dari suatu studi untuk disiplin system informasi dan organisasi informastika.
    Sistem informasi adalah gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi dalam organisasi.
       Sistem informasi adalah suatu system  di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung informasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
         Sistem informasi adalah kumpulan dari sub-sub system baik fisik maupun non fisik yang saling  berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berguna.
 Komponen
      Komponen prosedur dalam Sistem Informasi berkaitan dengan prosedur  manual dan prosedur berbasis computer serta standar untuk mengolah data menjadi informasi yang  berguna. Suatu prosedur adalah urutan langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan satu atau lebih aktifitas pengolahan informasi.
      Pengolahan informasi ini dapat dikerjakan dengan pengguna dan staff Teknik Informatika. Suatu bisnis terdiri dari berbagai macam prosedur yang di gabungkan secara logis untuk membentuk suatu system. Sebagai contoh system yang umunya ada dalam suatu organisasi adalah system pengkajian, personalia, akuntansi dan gudang.
        Ini terdiri dari computer, instruksi, fakta yang tersimpan, manusia dan prosedur. Sistem informasi dapat di kategorikan dalam empat bagian, yaitu :
Ø  Sistem Informasi Manajeman
Ø  Sistem Pendukung Keputusan
Ø  Sistem Informasi Eksekutif

Ø  Sistem Pemprosesan Transaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar