Jumat, 09 Oktober 2015

Informatika Sosial


Informatika Sosial
      Informatika social merupakan  studi yang mempelajari aspek-aspek social dari komputerisasi termasuk peran teknologi informasi dalam perubahan social dan organisasi. Penelitian-penelitian Sistem Informasi juga berkonsentrasi pada bagaimana pemanfaatan teknologi informasi di pengaruhi oleh nilai dan praktik-praktik social budaya di sebuah masyarakat. 

        Informatika  social dilandasi oleh cara pandang (paradigma) yang menganggap bahwa hubungan yang saling mempengaruhi antara teknologi informasi dan masyarakat pengguna.

        Di dalam kajian-kajian informatika social terdapat cabang-cabang khusus seperti  dampak social dari penerapan computer ( social impacts of computing), analisis terhadap komputerisasi (social analysis of computing), kajian-kajian komunikasi berperantaraan computer (computer-mediate communication), kebijakan informasi, informatika organisasi (organizational informatics), informatika interpretif (interpretif informatics), dan sebagainya.

       Istilah informatika social berawal di Amerika Utara pada tahun 1996, dan keduanya terintegerasi dan menjadi satu dalam penelitian yang sebelumnya di kenal sebagai “Komputer dan Masyarakat (computers and society),” “dampak social komputasi (social impacts of computing),” “isu social komputasi (social issues of computing),” “analisis social komputasi(social analysis of computing),” dan “perilaku system informasi(behavioral information systems).”


       Sistem TIK adalah jaringan sosio_teknis, bukan sekedar alat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar