Senin, 12 Oktober 2015

Sejarah Kota Tegal Dan Foto Kota Tegal Tempo Dulu





SEJARAH BERDIRINYA KOTA TEGAL

             Kota Tegal merupakan penjelmaan dari desa yang bernama "TETEGAL", pada tahun 1530 telah nampak kemajuannya dan termasuk wilayah Kabupaten Pemalang yang mengakui Kerajaan Pajang.
             Ki Gede Sebayu saudara Raden Benowo pergi ke arah barat dan sampai di tepian sungai Gung. Melihat kesuburan tanahnya, tergugah dan berniat bersama-sama penduduk meningkat hasil pertanian dengan memperluas lahan serta membuat saluran pengairan. Daerah yang sebagian merupakan tanah ladang tersebut kemudian dinamakan TEGAL.
            Atas keberhasilannya memajukan usaha pertanian dan membimbing warga masyarakat dalam menanamkan rasa kecintaan kepada Sang Pencita Alam, ia di angkat menjadi pimpinan dan panutan warga masyarakat. Oleh Bupati Pemalang kemudian di kukuhkan menjadi sesepuh dengan pangkat Juru Demung atau Demang.
           Pengangkatan Ki Gede Sebayu dilaksanakan pada perayaan tradisional setelah menikmati panen padi dan hasil pertanian lain, di bulan purnama 15 Sapar tahun EHE 988 yang bertepatan dengan hari jum'at kliwon. Dalam perayaan juga di kembangkan tentang ajaran agama islam dan budaya yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat waktu itu.
           Hari, tanggal dan tahun KI Gede Sebayu di angkat menjadi Juru Demang itu di tetapkan sebagai hari Jadi Kota Tegal dengan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 1988 tanggal 28 Juli 1988. Dan berikut saya tampilkan beberapa Foto-foto Kota Tegal Tempo Dulu.

Pasar Pagi Kota Tegal Zaman Dulu

Lanal Kota Tegal Tempo Dulu

Kantor Pos Kota Tegal Tempo Dulu

Pelabuhan Kota Tegal Tempo Dulu

Pelabuhan Kota Tegal Tempo Dulu

Tower Ledeng Kota Tegal Zaman Dulu


Foto-foto Stasiun Kota Tegal Pada Zaman Dahulu






                    Demikian sejarah tentang berdirinya Kota Tegal dan beberapa foto Kota Tegal Pada Tempo Dulu yang dapat saya share. Semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya. 








1 komentar: