Senin, 23 November 2015

Ancaman Keamanan Komputer Dan Jaringan


Ancaman Jaringan Komputer
Adalah salah satu pusat perhatian dalam keamanan jaringan dengan mengendalikan access terhadap resources jaringan. Bukan saja sekedar mengontrol siapa saja yang boleh mengakses resources tersebut, pengontrolan akses ini juga harus memanage bagaimana si subject (user, program, file, database, computer, dll, atau lebih tepatnya infrastruktur jaringan kita. Jenis Anacaman Jaringan tersebut adalah:
·         DOS/DDOS
·         Paket Sniffing
·         Worm
·         Virus
·         Trojan
·         Hacking
·         Social engineering
·         Digital signature
·         Defeced
·         Patch
·         Cracker
·         Attack
·         Spamming

Pengerttian dari masing-masing jenis-jenis ancaman jaringan adalah :
·         DOS/DDOS merupakan bentuk serangan pada jaringan yang dapat menghabiskan sumber daya.
·         Paket Sniffing adalah prinsip dasarnya pencurian  jenis ini adalah bahwa semua koneksi ethernet yang bersifat broadcast.
·         Worm adalah program yang menyebar sendiri dengan cara mengirimkan dirinya sendiri ke sistem (mengandalkan dirinya sendiri).
·         Virus  adalah program yang dapat menyisipkan dirinya sendiri ke obyek lainnya, seperti : file executable (*exe) dan beberapa jenis dokumen yang digunakan (file nya dihacker).
·         Trojan jenis ancaman ini sangat berbahaya.
·         Hacking adalah suatu tindakan untuk memperoleh akses ke suatu sistem menggunakan kelemahan yang ada di sistem itu sendiri . sikap hacking dan kemampuan yang ada pada dasarnya harus mempelajari sendiri, seperti :
·         Social engineering adalah pemerolehan informasi atau maklumat rahasia/sensitif dengan cara menipu pemilik informasi tersebut, umumnya dilakukan melalui telepon atau internet.
·         Digital signature adalah jenis kitogafi arsimetik. Untuk pesan yang dikirim melalui saluran yang aman, baik yang dilaksanakan tanda tangan digital penerima memberikan alasan untuk percaya bahwa pesan yang dikirim oleh pengirim yang diklaim.
·         Defeced  adalah satu serangan di sebuah situs web yang berubah tampilan visual situs tersebut.
·         Patch adalah sebagian kecil dari perangkat lunak yang dirancang untuk memperbaiki masalah dengan memperbarui program komputer atau data pendukung.
·         Cracker adalah individu yang mencoba masuk ke dalam suatu sistem komputer tanpa ijin (authorisasi), individu ini biasanya berniat jahat/buruk. Sebagai kebalikan dari hacker dan biasanya mencari keuntungan dalam memasuki suatu sistem.

·         Attack adalah serangan terhadap suatu sistem terhadap proses penyampaian informasi.


Sumber Artikel :
http://sherriefmusa.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar